Sabtu, 17 Desember 2011

Review Jurnal


Gefen, David. 2002. Customer Loyalty in E-Commerce.
Journal of the Association for Information Systems Volume 3, 2002 p. 27-51.

Dalam jurnalnya yang berjudul “Customer Loyalty in E-Commerce”, Gefen melakukan suatu penelitian seberapa besar tingkat kepercayaan para pelanggan pada online vendor atas pelayanan yang diberikan. Dengan demikian, yang menjadi alat ukurnya adalah kualitas pelayanan, biaya, serta faktor risiko. Ketiga faktor ini dianggap peneliti sebagai faktor utama dalam mempengaruhi tingkat kepercayaan para pelanggan pada online vendor. Adapun latar belakang yang mendasari peneliti melakukan penelitian ini adalah peneliti ingin membuktikan tingkat persamaan loyalitas antara pelanggan pada pasar non internet dengan pelanggan pada pasar internet. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey pada 160 orang dengan subyek penelitian adalah masyarakat tingkat S1 dan S2 yang sering melakukan pembelanjaan secara online, dengan objek penelitian pada Amazon.com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya tingkat loyalitas dan kepercayaan pelanggan pada online vendor dan pelanggan pada pasar non internet adalah sama yaitu tergantung pada kualitas pelayanan dan kepercayaan yang diberikan kepadapelanggan.

Kemudian, untuk jurnal kedua yang dibuat oleh Setiabudi dan Setiawan, yaitu mengenai penelitian tentang penggunaan ASP atau Actice Server Page. Penelitian tersebut mencoba untuk menerapkan penggunaan ASP sebagai prorotipe pemesanan bahan pustaka melalui web. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan sistem usaha jasa pemesanan bahan pustaka pada perpustakaan yang masih belum memanfaatkan jalur internet atau dengan kata lain masih menggunakan cara konvensional. Hasil penelitian adalah prototipe yang merupakan kombinasi teknologi dan software yang sudah ada yaitu ASP itu sendiri dikombinasikan pada aplikasi database yaitu ActiveX Data Objects (ADO). Prototype ini unggul dalam metode scripting dan pengolahan database. Selain itu, prototype ini juga mampu memfasilitasi pengeditan dan pencarian data, serta dilengkapi dengan kemampuan untuk melihat informasi pesanan secara online. Prototipe ini juga dapat melakukan proses download untuk mencari dan memesan data. Namun, yang perlu diperhatikan adalah cara pembayarannya, sebab prototype ini menggunakan sistem pembayaran dengan kartu kredit. Hal ini menjadi keemahan karena tidak semua para user atau pelanggan memiliki kartu kredit. Untuk itu, prototype ini dimodifikasi sehingga transaksi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan kartu kredit dan transfer antar rekening secara online. Prototype ini juga dilengkapi peranti pelindung data, yaitu mencegah hilangnya data user selama user masih dalam sesi atau sedanglogin.

Sedangkan pada jurnal ketiga, merupakan suatu studi literatur yang mencoba untuk menelusuri perkembangan penerapan teknologi ataupun software pengolah data yang dapat menyajikan informasi. Teknologi itu sekarang dikenal dengan MARC (Machine Readable Catalog), dan kemudian berkembang ke arah XML. Objek penelitiannya adalah perpustakaan, yang pada umumnya dalam mengolah data tergantung pada katalog-katalog yang sudah mereka siapkan dan mereka buat. Katalog yang dipakai oleh perpustakaan inilah yang disebut dengan MARC. Dengan menggunakan MARC ini perpustakaan mengonversi arsip-arsip ke dalam format elektronik, sehingga memudahkan dalam menyimpan dan memperoleh data itu kembali saat diperlukan. Namun, MARC ini memiliki kelemahan dalam menyajikan post-publishing dan pre-publishing structuring, karena dilakukan pengkodean dengan HTML. HTML itu sendiri memiliki kelemahan dalam menyusun data yang sudah dikodekan. Oleh karena itu, dipakailah XML yang memiliki peran untuk dapat membangun dan membangkitkan sistem dengan cepat, yaitu, document-centric dan data-centric. Lebih dari itu, XML memiliki metadata syntax-based, yaitu suatu peranti yang dapat membuka aplikasi sehingga mampu memberi peluang yang cukup luas dalam digitalisasi perusahaan, seperti e- publishing, e-business dan e-commerce.

DAFTAR PUSTAKA
Gefen, David. 2002. Customer Loyalty in E-Commerce. Journal of the Association for Information Systems Volume 3, 2002 p. 27-51.
Setiabudi, Djoni Haryadi. Ishak Setiawan. 2002. Prototipe Pemesanan Bahan Pustaka Melalui Web Menggunakan Active Server Page (Asp). Jurnal Informatika Vol. 3, no. 1, mei 2002: 53 – 60.
Siswanto. Tanpa Tahun. Penyajian Dan Organisasi Informasi Di Dalam Ruang Web: Dari Marc Ke Xml. Jakarta:FTI Universitas Budi Luhur.

Source : http://hendrasaja.wordpress.com/2009/05/25/review-jurnal/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar